Rabu, 24 Juni 2015

Tips dan Trik Mengerjakan Karya Tulis Ilmiah

Nah, disini saya akan membagikan tips dan trik untuk mempermudah kita mengerjakan karya tulis ilmiah.
Yang pertama saya akan memberikan tips bagaimana cara agar halaman cover,kata pengantar dan daftar isi tidak menjadi satu dengan isi dari karya tulis ilmiah kita. Yuk ikutin langkah selanjutnya ....




1. Jika cover,kata pengantar dan daftar isi KTI kalian menjadi satu dengan isi dari KTI dan halaman 1 berada pada cover maka kalian dapat merubahnya dengan cara :

a) Pastikan kursor kamu berada pada kata akhir dari cover,setelah itu klik "breaks -> next page" yang berada pada sub pagelayout. setelah itu kursor akan berada di halaman selanjutnya.
b) Double klik pada bagian kiri halaman dan selanjutnya akan muncul footer halaman anda. Akan muncul Design Header&Footer pada bagian atas setelah itu klik "different first page". dengan otomatis halaman 1 pada cover akan berpindah ke halaman selanjutnya dan cover tidak ada angka halamannya
c) Lakukan hal yang sama pada halaman kata pengantar namun saat ada Design Header&Footer muncul maka yang anda harus klik adalah "Page number-> format page number -> gantilah menjadi angka romawi" dan klik "Ok". Itu akan merubah halaman kata pengantar dan daftar isi.
d)  Untuk mengganti BAB I dengan angka pada halaman nya anda dapat melakukan hal yang sama seperti diatas tetapi apabila telah muncul Format Page maka gantilah menjadi angka biasa jangan angka romawi.


2. Cara mudah membuat daftar pustaka.


a)Klik pada sub "References" lalu klik "Insert Citation-> Add New Source -> masukan data-data referensi buku maupun web site yang anda gunakan dalam pembuatan KTI tersebut" lalu klik "Ok"
b)Setelah itu akan muncul kata dalam tanda kurung. Blok kata tersebut dan klik "bibliography" yang masih dalam sub references. Maka akan mucul daftar pustaka yang sebenarnya.


Ini merupakan salah satu tips dan trik yang saya dapatkan saat pelatihan aplikasi teknologi informasi di UMM dan mungkin ini yang dapat saya share, semoga bermanfaat.
-Love,Life,Learn-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar