Rabu, 24 Juni 2015

Ini Jurusanku Mana Jurusanmu ??

FARMASI


Mungkin banyak orang-orang tidak mengetahui apa itu Farmasi ?
Kebanyakan orang awam melabeli farmasi "Oh,itu nanti kalau lulus jadi kayak dokter ya?" atau "Oh,itu sama ya pekerjaannya kayak perawat?". Nah,itu adalah tugas pertama yang dibebankan masyarakat luar oleh kita mahasiswa farmasi untuk membenahi jalan pikiran masyarakat awam yang menganggap farmasi sama dengan dokter ataupun perawat. 

Farmasi disini adalah jurusan yang memiliki tempat penting di dunia kesehatan. Tanpa adanya profesi Farmasi atau biasa disebut dengan Apoteker maka dunia kesehatan terlebih bidang obat-obatan tidak ada yang dapat mengendalikan. Apoteker disini bukan seperti yang masyarakat awam pikirkan seperti penerjemah resep dokter,orang yang menyiapkan obat bahkan orang yang menjaga apotek. Hal ini salah besar, Profesi Apoteker sangat luas cakupan. Apoteker memiliki pekerjaan yakni mengendalikan mutu sediaan farmasi,pengamanan,pengadaan,penyimpanan dan penditribusian atau penyaluran sediaan farmasi. Dan Apoteker juga berperan penting di suatu Apotek untuk mengelola obat,melayani obat atas resep dokter maupun tidak serta melayani pasien tentang informasi obat tersebut.Di dunia luar juga Apoteker dapat melakukan pengembangan obat, bahan obat dan obat tradisional,bisa dibayangkan jika kita sebagai Apoteker dapat mengembangkan obat yang dapat mengobati salah satu penyakit yang bisa dikatakan kronis. 
Jadi, jurusan farmasi memiliki banyak kelebihan. Sekarang lulusan farmasi sangat ditunggu ditengah masyarakat banyak malah yang belum lulus dari suatu instansi pendidikan seperti perkuliahan maupun SMK Farmasi sudah ditawari pekerjaan di salah satu Apotek untuk menjadi Tenaga Teknis Kefarmasian maupun sebagai Asisten Apoteker di Apotek tersebut. Hal ini membuktikan bagaimana eksistensi para calon Apoteker didunia kesehatan sekarang. Karena tujuan kita nantinya ketika lulus tidak lain adalah untuk mencari pekerjaan yang layak. Nah,ini juga termaksud salah satu kelebihannya bukan hanya pekerjaannya yang mulia tetapi lapangan kerja untuk para lulusan farmasi sangat terbuka lebar.
Maka dari itu kita patut bersyukur bisa menjadi kalangan farmasi yang memiliki sejuta kelebihan.
Sampai jumpa pada kelebihan Farmasis Muda selanjutnya. Hidup Farmasi Muda !
-Love,Life,Learn-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar